Manfaat untuk Umat !!!

“Sebaik-baiknya umat adalah yang paling banyak manfaatnya bagi umat yang lainnya”

PESAWAT

PENGANTAR

Pesawat terbang merupakan salah satu karya intelektual manusia yang mutakhir,dimana berbagai cabang ilmu dan teknologi memberikan sumbangannya.Konsep mengenai kendaraan terbang (flight vehicle) antara lain diawali oleh seorang seniman Italia,Leonardo da Vinci (1452-1519).Da Vinci melakukan studi mendetail tentang gerak burung,aliran udara dan tahanan udara terhadap benda yang bergerak melaluinya,serta menghasilkan rancangan-rancangan pesawat terbang.Tonggak penerbangan berawak dengan mengunakan pesawat bermesin di amerika diprakarsai oleh Wright bersaudara tahun 1903.Dalam angka waktu 100 tahun,teknologi penerbangan mengalami perkembangan yang sangat pesat,baik untuk kebutuhan sipil maupun militer.Berbagai cabang ilmu yang berkaitan dengan struktur,aerodinamika,mekanika terbang,astronautika,system propulsion dan avionic,hingga hukum dan manajemen.Semua dirancang untuk membuat pesawat yang aman,nyaman dan ekonomis.Banyaknya proses yang saling berkaitan membuat teknologi pesawat terbang nampak kompleks namun ter integrasi

 PROSES TEBANGKITNYA GAYA ANGKAT PADA SAYAP

Aliran udara mengalir melalui airfoil terpecah menjadi aliran diatas permukaan dan dibawah permukaan.Di trailing edge kedua aliran bersatu lagi,namun karena perbedaan sudut arah datangnya kedua aliran tersebut maka akan terbentuk suatu pusaran yang disebut starting vortex.Putaran pusaran melawan arah putar jarum jam.Karena momentum putar awal aliran nol maka menurut hukum kekekalan momentum harus timbul pusaran yang melawan arah putar starting vortex ini.Pusaran ini berputar melawan arah putar jarum jam mengelilingi airfoil yang dinamakn Bound vortex (pusaran yang melekat)

Akibat adanya bound vortex ini aliran udara diatas permukaan airfoilmengalami penambahan kecepatan atau memperoleh percepatan.Aliran udara dibawah permukaan airfoil mengalami pengurangan kecepatan atau memperoleh perlambatan

Dengan demikian terjadi perbedaab kecepatan aliran udara antara yang diatas dan dibawah permukaan airfoil.menurut Bernoulli,tekanan udara diataa permukaan sayap akan lebih kecil dari tekanan udara dibawah permukaan sayap.Akibatnya secara keseluruhan pada sayap akan terbangkitkan gaya lift yang arahnya keatas mengangkat pesawat.

 TERBANGKITNYA GAYA DORONG PADA PROPELLER

Setiap daun propeller mempunyai penampang berbentuk airfoil.Akibat putaran propeller maka akan terjadi gerak relative udara pada tiap penampang propeller.Dengan prinsip yang sama dengan terjadinya lift pada wing,pada airfoil daun propeller akan timbul gaya angkat yang arahnya kedepan.Secara integral maka seluruh daun propeller ini membangkitkan gaya dorong,trhust

Putaran propeller mengulir udara didepannya bergerak kebelakang,akibatnya terjadi reaksi-reaksi ke depan

 

  Sejarah pengembangan material pada pesawat udara

Penerbangan pesawat udara bermesin pertama oleh Wright bersaudara,1903,menggunakan pesawat yang terbuat dari kayu yang diperkuat oleh kawat-kawat pengikat dari bajaAntara tahun 1920-1930 logam (metals) menggantikan kayu sebagai struktur utama pesawat udara.Jenis logam yang lazim dipakai adalah aluminium alloy berkekuatan tinggi dan baja.Metal alloy dipilih karena kekuatannya yang tinggi dan dapat dibentuk dalam bentuk-bentuk yang komplex.Pada tahun 1960,material komposit mulai digunakan pada pesawat tempur operasional.Pesawat tempur Grumman F-14 “tom cat” adalah pesawat tempur pertama yang menerapkan material komposit pada strukturnyaJenis metal yang lazim digunakan untuk struktur pesawat udara adalah Aluminium dan aluminium alloy,titanium dan titanium alloy,low alloy medium carbon steelsStruktur pesawat harus memiliki syarat:

  1. Bentuk dan dimensinya harus kuat
  2. Kuat dan kaku agar tidak mengalami deformasi berlebihan
  3. Dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama
  4. Biaya produksi yang cukup murah
  5. Biaya perawatan yang cukup murah

Struktur pesawat terbang harus ringan sehingga ilmu struktur pesawat tebang ini dikenal pula dengan nama Struktur ringan (light weight structures)

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: